Kamis, 09 Juli 2020 |

POLSKY

  • Pengumuman : Pembukaan PMB Jalur Kelas Mandiri Gelombang II Politeknik Sekayu Tahun Akademik 2020/2021 – Selengkapnya
  • Berita : Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Politeknik Sekayu Tahun 2020 – Selengkapnya
  • Berita : Permintaan Tenaga Maintenance dari Hotel Ranggonang – Selengkapnya
  • Berita : Selamat dan Sukses Kepada Direktur Politeknik Sekayu Periode 2020-2024 – Selengkapnya
  • Berita : KULIAH PERDANA SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2019/2020 – Selengkapnya
  • Berita : dari SRILANGKA untuk LDK POLSKY – Selengkapnya
_ SOP _
 
_ SISTEM INFORMASI _
 
_ JURNAL KAMPUS _
 
_ TAUTAN _
 
POLITEKNIK SEKAYU GOES OVERSEAS
Oleh : MS (HUMAS POLSKY) pada Jumat, 22 Februari 2019 -09:11:41
Tagar : POLSKY,INDUSTRIAL,VISIT,GOES,OVERSEAS - Dibaca: 1302 kali

Sekayu – Politeknik Sekayu. Kunjungan Industri (KI) merupakan  salah satu mata kuliah dan merupakan agenda rutin tahunan Politeknik Sekayu yang bertujuan untuk menambah wawasan dan pengalaman mahasiswa/i Politeknik Sekayu melalui kunjungan langsung ke berbagai instansi, baik yang didalam negeri maupun diluar negeri. Kegiatan ini diperuntukkan bagi mahasiswa/i Politeknik Sekayu yang duduk di semester 3 (tiga).

Pada semester ganjil Tahun akademik 2018/2019, jumlah peserta KI sebanyak 150 orang yang terdiri dari Ketua Yayasan bapak H. Hairad Sudarso, Direktur Politeknik Sekayu bapak Haryanto, ST., MM., ME , Dosen Pendamping sebanyak 6 orang, Humas 1 orang, dan 141 orang mahasiswa/i politeknik sekayu Progr Studi Akuntansi, Teknik Informatika, dan Teknik pendingin dan Tata Udara.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana kegiatan KI hanya mengunjungi perusahaan dan perguruan tinggi yang ada di sekitaran pulau jawa dan bali saja, kali ini rombongan peserta KI Politeknik Sekayu berkunjung ke perusahaan dan perguruan tinggi yang ada di Batam, Malaysia dan Singapura. Kunjungan Industri berlangsung selama 5 (lima) hari, yaitu  tanggal 28 Januari - 1 Februari 2019.

Tujuan hari pertama yaitu Badan Pengusaha Batam (BP Batam), Kota Batam, Kepulauan Riau. BP Batam adalah lembaga pemerintah yang bernama Otorita Pengembangan Industri Pulau Batam yang bertugas untuk melaksanakan visi dan misi mengembangkan Batam. Disana, rombongan KI Politeknik Sekayu disambut oleh beberapa pejabat dari BP Batam yakni Kepala Bagian Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Bapak Abdul Salam, Ka.SUBDIT Promosi Ibu Ferdiana, PTSP Ibu Evi Bangun, Ka.SUBDIT Industri bapak Krus, Bagian Keuangan Bapak Budi, dan staf yang ada di BP Batam. Selesai acara peyambutan, Mahasiswa/i diberikan materi tentang industri-industri yang ada di kota Batam, sejarah berdirinya BP Batam, dan banyak lagi. Kemudian, dilanjutkan dengan sharing dan diskusi antara Ketua Yayasan Muba Sejahtera dan Direktur Politeknik Sekayu dengan para pejabat dari BP Batam. Yang ditutup dengan sesi tanya jawab antara mahasiswa/i Politeknik Sekayu dengan pihak dari BP Batam. Selanjutnya acara pemberian Plakat dari Politeknik Sekayu ke BP Batam dan sebaliknya pemberian Plakat dari BP Batam ke Politeknik Sekayu. Di akhir acara seluruh rombongan dari Politeknik Sekayu melakukan foto bersama.

Hari kedua, rombongan peserta KI Politeknik Sekayu melakukan kunjungan ke PT. Batamindo Investment Cakrawala. Batamindo Investment Cakrawala (BIC) adalah pemilik sekaligus pengelola Batamindo Industrial Park yang merupakan kawasan industri terbesar di pulau Batam. Terletak di wilayah Muka Kuning dan memiliki areal lahan seluas 500Ha serta dilengkapi dengan fasilitas pendukung mulai dari fasilitas infrastruktur seperti jalan, jembatan, penyediaan air bersih, listrik hingga jaringan komunikasi yang memadai. Adanya fasilitas pendukung dan lokasi yang strategis menjadikan Kawasan industri Batamindo Investment Cakrawala sebagai kawasan yang potensial dan prospektif dan harus dikembangkan secara optimal sehingga dapat menjadi beranda depan penunjang ekonomi negara. Disana mahasiswa/i juga mendapatkan materi tentang industri yang disampaikan oleh Senior Manager  HRD bapak S. Tjitrosoenarto dilanjutklan dengan sesi tanya jawab. dan diakhir pertemuan yaitu pemberian dan penerimaan Plakat dari masing-masing instansi.

Kunjungan selanjutnya yaitu ke PT. Labtech Penta International. Labtech adalah salah satu perusahaan pendidikan teknis tertua dan terbesar di Asia. Labtech merancang dan memproduksi sistem pelatihan teknis untuk sekolah kejuruan, politeknik, institut teknis dan universitas. Saat ini PT. Labtech memiliki sekitar 800 sistem pelatihan dalam rangkaian produk yang secara sistematis mencakup program-program dalam bidang TIK, elektronik, listrik, otomotif, HVAC, mekatronik, dan perangkat lunak pendidikan untuk pelatihan teknisi dan insinyur. Banyak dari sistem ini menggunakan instruksi berbantuan komputer (CAI) dan alat e-learning sebagai bagian dari program pengiriman pelatihan. Produk Labtech digunakan di lebih dari 70 negara di seluruh dunia. Dalam kesempatan itu mahasiswa/i mendapatkan materi tentang industri yang disampaikan oleh Factory Manager  bapak Ir. Eko Hernanto dilanjutklan dengan sesi tanya jawab. dan diakhir pertemuan yaitu pemberian dan penerimaan Plakat dari masing-masing instansi. 

Hari berikutnya rombongan dari Politeknik Sekayu GOES OVERSEAS dengan mengunjungi Singapura, dan Universiti Teknologi Malaysia (UTM), Faculty of Engineering (FE) – School of Medical and Health Sciences. Di UTM mahasiswa mendapatkan materi yang diberikan oleh beberapa  Narasumber, yaitu ibu Shaleena Melisa binti Syed Noor, Dr. Rabiatul Adibah binti Abdul Rahim, dan dihadiri oleh bebrapa pejabat dari UTM, antara lain Dr. Abdul Hadi bin Abdul Wahab,  En. Fahrizal Azmy bin Nasrudin, dan En. Muhamads Syafik bin Rahmat. Setelah itu, peserta KI diajak untuk berkeliling di Faculty of Engineering (FE) – School of Medical and Health Sciences. Mereka berkunjung ke berbagagai jenis Laboratorium yang ada di UTM. Disana, Mahasiswa/i Politeknik Sekayu mempraktekkan langsung cara penggunaan alat-alat atau media-media yang ada di masing-masing laboratorium tersebut.

Dari kegiatan Kunjungan Industri ini, terlihat sekali antusiasme mahasiswa/i Politeknik Sekayu yang begitu besar saat berkunjung dari satu tempat ke tempat yang baru bagi mereka. Peran serta mereka saat menyimak materi dan berdiskusi menandakan rasa ingin tau yang cukup besar. Sehingga diharapkan, dari setiap kunjungan industri ini semakin memotivasi dan meningkatkan semangat belajar para mahasiswa/I Politeknik Sekayu, agar mereka bisa memantaskan diri untuk bisa bekerja di salah satu perusahaan tersebut, atau perusahaan besar lainnya dikemudian hari. Politeknik Sekayu Goes International.

Setelah melaksanakan kunjungan indrustri tersebut, seluruh mahasiswa diminta untuk membuat laporan  hasil dari kunjungan mereka yang berisi tentang tempat apa saja yang dikunjungi, materi yang di berikan selama kunjungan di masing-masing instansi, dan lain-lain.

 

Berita Terkait
Komentar
_ SOP _
 
_ SISTEM INFORMASI _
 
_ JURNAL KAMPUS _
 
_ TAUTAN _
 
_ PENGUMUMAN _
_ PMB POLSKY _
TA. 2020/2021
 
_ AGENDA _
_ BERITA TERATAS _
_ KERJASAMA _
 
Album Polsky
Slicebox - 3D Image Slider
  • foto/berita.16.kkl.png

    Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Tahun 2020

  • foto/berita.6.dodi.png

    Selamat dan Sukses

  • foto/berita.15.MIEC1.jpeg

    Membangun Awareness dengan Seminar dan MIEC 2020

  • foto/berita.85.MIEC1.jpeg

    MUBA INFORMATICS ENGINEERING COMPETITION (MIEC)

  • foto/berita.34.wisudaX.jpg

    SIDANG SENAT TERBUKA WISUDA X - DIPLOMA III PROGRAM STUDI AKUNTANSI, TEKNIK INFORMATIKA, TEKNIK PEND

  • foto/berita.63.bela_sungkawa_paknanto.png

    Turut Berduka Cita

  • foto/berita.76.Yudisium Angkatan X Polsky.jpeg

    Yudisium Mahasiswa Angkatan ke-X Politeknik Sekayu

  • foto/berita.23.DIKSAR COVER.jpg

    Ikut Diksarlin biar jadi Mahasiswa Terpelajar dan Disiplin

  • foto/berita.29.FOTO MONEV.jpg

    KUNJUNGAN TIM MONEV DARI LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI (LLDIKTI) WILAYAH II KE POLITEKNIK SEKAYU

  • foto/berita.20.sidang22.jpg

    Sidang Tugas Akhir(TA) Mahasiswa Politeknik Sekayu Prodi Teknik Pendingin dan TU Ang.X TA 2018/2019

  • foto/berita.52.SIDANG.jpg

    Sidang Tugas Akhir (TA) Mahasiswa Politeknik Sekayu Prodi Akuntansi Ang.X Tahun Akademik 2018/2019

  • foto/berita.99.foto bukber.jpg

    ACARA BUKA BERSAMA KELUARGA BESAR POLITEKNIK SEKAYU

  • foto/berita.16.DAIKIN.jpg

    DAIKIN GOES TO CAMPUS

  • foto/berita.73.IMG20190325101511.jpg

    SERAH TERIMA PEMBANGUNAN DAN PERESMIAN LIBRARY CAFE POLITEKNIK SEKAYU

  • foto/berita.96.IMG-20190322-WA0016.jpg

    PEMILIHAN MAHASISWA BERPRESTASI TAHUN 2019 POLITEKNIK SEKAYU

  • foto/berita.14.p.jpg

    KULIAH PERDANA SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2018/2019

  • foto/berita.36.COVER.jpg

    PENGHARGAAN KEPADA KARYAWAN TERBAIK POLITEKNIK SEKAYU TAHUN 2018

  • foto/berita.2.L.jpg

    POLITEKNIK SEKAYU GOES OVERSEAS

  • foto/berita.30.cover hulu.jpg

    HULU MIGAS GOES TO CAMPUS POLITEKNIK SEKAYU

  • foto/berita.6.tumpeng.jpg

    DIES NATALIS KE-XI POLITEKNIK SEKAYU

Polsky TV
Alamat Kampus

POLITEKNIK SEKAYU

Jl. Kol. Wahid Udin, Kel. Kayuara, Kec. Sekayu,
Kab. Musi Banyuasin Prop. Sumatera Selatan
Indonesia 30711
Telp. : 0714-321099
Fax. : 0714-321099
Email : polsky@polsky.ac.id
Web : www.polsky.ac.id
Peta Kampus
Like Us
Statistik info_pengunjung
IP : 34.204.191.145
Browser :
OS : OS Lainnya
Visit : 75 Total: 41924
Hit : 1460 Total: 440242
Online : 13 user
© 2010-2020 versi 2.0 | UPT. Jaringan Komputer dan Sistem Informasi | Loading : 7.431